Memakai hijab itu hukumnya Wajib terdapat dalam Al Qur'an surah ini

https://1.bp.blogspot.com/-n4lOVeXt6I8/WEKQpCjYVbI/AAAAAAAAAFQ/68Usy6KU7uYFsYLDGDKwDRR0oW4GFXHHgCK4B/s72-c/hukum-berhijab-dalam-al-quran.jpg click to zoom
Nama Produk Memakai hijab itu hukumnya Wajib terdapat dalam Al Qur'an surah ini
Stok Lihat disini
Ditambahkan 12:30:00 AM
Kategori Artikel
Harga @ Gamissethijab.com – Hai ukhty, tahukah kamu bahwa memakai hijab itu adalah sebuah kewajiba lho. Selayaknya sholat, puasa, zakat dan ibada...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review Memakai hijab itu hukumnya Wajib terdapat dalam Al Qur'an surah ini

@Gamissethijab.com – Hai ukhty, tahukah kamu bahwa memakai hijab itu adalah sebuah kewajiba lho. Selayaknya sholat, puasa, zakat dan ibadah- ibadah yang lainnya. Setiap yang wajib tentu kita harus menjalannya dengan baik dan tidak boleh meninggalkannya. Kalau meninggalakan perintah wajib maka akan menjadi orang yang ingkar kepada Allah dan rasulnya. Misalnya tidak sholat 5 waktu, kita akan berdosa, tidak puasa juga akan merasa berdosa. Apa lagi kalau udah tidak sholat, tidak puasa eh malah hobi maksiat??


Wanita memang beda dengan laki laki. Secara fisik tubuh wanita lebih banyak di penuhi oleh aurat yang dapat mengundang syahwat. Kalau syahwat sudah terpancing maka akan mudah mendatangkan maksiat.. Baik laki laki maupun perempuan pasti punya syahwat. Dan syahwat harus di jaga dan di salurkan pada yang tepat, bukan dengan maksiat. Maksiat merupakan perbuatan yang di larang dan di haramkan oleh Allah SWT.

Laki laki yang sholeh, akan mengharamkan matanya melihat aurat wanita yang bukan mahramnya karena itu termasuk maksiat dan dosa. Begitu juga bagi wanita yang memamerkan auratnya sehigga di lihat oleh pria lain akan mendapat dosa. Maka dari itu Allah menurunkan ayat Al-Quran agar wanita dan pria terjaga dari dosa maksiat.

Awal turunnya perintah berhijab

Turunnya perintah berhijab berawal dari sebuah kisah yang tertulis dalam hadist berikut ini:

Dari jabir bin Abdullah bahwa Asma’bin Mrtsid,  pemilik kebun kurma sering di kunjungi wanita wanita yang bermain main di kebunnya tanpa berkain panjang sehingga kelihatan gelang gelang kakinya. Demikian juga dada dan sanggul-sanggul mereka kelihatan. Asma’ berkata, “alangkah buruknya pemandangan ini”. Turunlah Ayat ini (An nur 31) yang berkenaan perisitiwa itu yang memerintahkan kepada kaum mukminat untuk menutup aurat mereka (HR. Ibnu Abi Hatim - Asbabun nuzul An nur 31)

Perintah Hijab di dalam Al-Quran

Di kutip dari duniaislam.org dan www.muslimah.or.id dalam Al-Quran Allah menetapkan kewajiban berhijab terdapat dalam surah Al ahzab 59 dan An Nur 31.

Allah ta’ala berfirman dalam surah Al ahzab;

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu & isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. & Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di berkata: “Ayat yang disebut dgn ayat hijab ini memuat perintah Allah kepada Nabi-Nya agar menyuruh kaum perempuan secara umum dgn mendahulukan istri & anak-anak perempuan beliau karena mereka menempati posisi yang lebih penting daripada perempuan yang lainnya, & juga karena sudah semestinya orang yang menyuruh orang lain utk mengerjakan suatu (kebaikan) mengawalinya dgn keluarganya sendiri sebelum menyuruh orang lain. Hal itu sebagaimana difirmankan Allah ta’ala (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian & keluarga kalian dari api neraka.” (Taisir Karimir Rahman, hal. 272)

Dalam surah An Nur Allah berfirman:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya... (QS An-Nur : 31).

Abu Malik berkata: “Ketahuilah wahai saudariku muslimah, bahwa para ulama telah sepakat wajibnya kaum perempuan menutup seluruh bagian tubuhnya, & sesungguhnya terjadinya perbedaan pendapat – yang teranggap - hanyalah dalam hal menutup wajah & dua telapak tangan.” (Fiqhu Sunnah li Nisaa’, hal. 382)

Tak berhijab Dosa Besar

Salah seorang perempuan cerdik & shalihah Ummu Abdillah Al-Wadi’iyah berkata: “Sungguh, musuh-musuh Islam telah mengetahui bahwa keluarnya kaum perempuan dengan mempertontonkan aurat adalah sebuah gerbang diantara gerbang-gerbang menuju kejelekan & kehancuran. Dan dgn hancurnya mereka maka hancurlah masyarakat. Oleh karena itulah mereka sangat bersemangat mengajak kaum perempuan supaya rela menanggalkan jilbab & rasa malunya…” (Nasihati li Nisaa’, hal. 91)

Beliau juga mengatakan: “Sesungguhnya persoalan tabarruj (mempertontonkan aurat) bukan masalah ringan karena hal itu tergolong perbuatan dosa besar.” (Nasihati li Nisaa’, hal. 95)

Allah ta’ala berfirman,

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu & pakaian indah untuk perhiasan. & pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf: 26)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang aurat, maka beliau bersabda, “Jagalah auratmu, kecuali dari (penglihatan) suamimu atau budak yang kau punya.” Kemudian beliau ditanya, “Bagaimana apabila seorang perempuan bersama dgn sesama kaum perempuan ?” Maka beliau menjawab, “Apabila engkau mampu utk tak menampakkan aurat kepada siapapun maka janganlah kau tampakkan kepada siapapun.” Lalu beliau ditanya, “Lalu bagaimana apabila salah seorang dari kami (kaum perempuan) sedang bersendirian ?” Maka beliau menjawab, “Engkau lebih harus merasa malu kepada Allah daripada kepada sesama manusia.” (HR. Abu Dawud [4017] & selainnya dgn sanad hasan, lihat Fiqhu Sunnah li Nisaa’, hal. 381)

Manfaat hijab syar'i

Adapun manfaat bagi seorang wanita muslimah yang istiqomah dalam menggunakan hijab dapat di baca pada artikel 10 manfaat hijab syari untuk wanita muslimah

Sebagai wanita muslimah yang berhijab merupakan bentuk ketaatan dan cintanya kepada Allah SWT dan rasulnya. Sementara jika meninggalkannya bisa di artikan benci dengan aturan Allah yang ini. Tidak ada celah untuk membuat sebuah alasan untuk tidak berhijab. Jika ukhty masih enggan berhijab, silakan baca artikel ini “Tak ada alasan bagi yang enggan berhijab setelah membaca ini

Perlu diketahui juga bahwa hijab juga bukan sekedar asal hijab. Dalam menggunakn hijab ada syarat dan aturan yang harus di penuhi agar benar dan mendapatkan pahala ibadah. Nah bagaimana Hijab yang benar itu? Ukhty bisa membaca pada artikel “Apa itu hijab? Jangan salah, baca dulu disini”. Jika di lihat di lingkungan kita ada sangat banyak orang berhijab asal asal ikut-ikutan tidak mengikuti aturan syariat.. Nah itu salah, harus segera diperbaiki secepatnya. Itu dapat memberikan contoh yang tidak baik kepada orang lain dan generasi penerus umat muslimah

Coba tanyakan pada diri sendiri, berhijab untuk Allah atau berhijab untuk orang lain?


Ancaman tidak berhijab

Adapun ancaman wanita yang tidak berijab terdapat di dalam hadist berikut :

"Tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab)." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, bn Majah).

“….. Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”. (Al-Maidah ayat 5)

Terbayang ga ukhty, jika selama ini sholat, tetapi tidak di terima Allah dan amal-amal ibadah yang telah di kerjakan waktu lalu di hapus oleh Allah hanya masalah sepele gak pakai hijab doang? Sia sia bukan?

Adapun video siksa kubur akibat tidak menggunakan hijab dapat di tonton disini (Kisah Nyata)

Naah, sebelum azab datang menimpa, mulai dari sekarang yuk berhijab syar'i. Berhijab itu cantik, cantik di mata Allah dan cantik juga di mata manusia. Jaga kehormatanmu raih kemuliaanmu 😍😊😉

Demikian artikel ini di tulis, semoga dapat bermanfaat dan mengingatkan kembali bagi kaum wanita muslimah agar dapat membuka hati untuk segera berhijab mulai dari sekarang. Aurat itu mahal harganya, seberapa mahalnya? Baca disini.

Jangan lupa di bagikan kepada teman-teman yang lainnya agar mengingatkan bagi yang belum berhijab dan yang sudah berhijab semakin istiqomah serta menjadi kuat iman dan taqwanya. Semoga setiap share ukhty dapat menjadi amal sadaqoh jariah pahala yang tak terputus-putus. Aammiinn.. Klik tombol share di bawah ini 😊




Komentar